Instrumen Penilaian Kinerja
Guru dengan Tugas Tambahan sebagai Kepala Sekolah
A. Nama
Sekolah :
B. Nama
Kepala Sekolah :
C. Kab/Kota :
D. Provinsi :
|
|||||||||
NO
|
TUGAS UTAMA/
UNSUR TUGAS UTAMA
|
INDIKATOR KERJA
|
DATA KINERJA YANG
DIHARAPKAN
|
BUKTI OTENTIK KUALITAS KINERJA
|
HASIL PENILAIAN
|
||||
YA
|
TIDAK
|
||||||||
I.
MANAJERIAL
|
|||||||||
1
|
a.
|
Menyusun perencanaan
sekolah/madrasah untuk berbagai tingkat perencanaan
|
1
|
Kepala sekolah
mengembangkan RKJM, RKT/RKAS dengan program lainnya berdasarkan data hasil
evaluasi dala pemenuhan 8 SNP.
|
Dokumen RKJM, RKT/RKAS yang
disepakati pemangku kepentingan, tujuan kegiatan terukur, memenuhi sekala
prioritas, pengalokasian anggaran jelas, meliputi 8 SNP, instrumen evaluasi
program dan atau EDS.
|
|
|
|
|
2
|
Kepala sekolah merumuskan
visi misi sebagai arah pengembangan program RKJM, RKT/RKAS dan program
lainnya.
|
Visi Misi sekolah merupakan rumusan hasil keputusan bersama, berfungsi sebagai
penentu arah pengembangan program sekolah yang tersosiaisasikan.
|
|
|
|
||||
3
|
Kepala sekolah menentukan
strategi pencapaian tujuan sekolah, dilengkapi dengan indikator pencapaian
yang terukur.
|
Dokumen program yang memuat
strategi pencapaian tujuan pada tiap kegiatan pemenuhan standar yang
dijabarkan dalam indikator pencapaian yang spesifik, terukur, realistik, dan
berabatas waktu (SMART).
|
|
|
|
||||
4
|
Kepala sekolah melengkapi
program dengan rencana evaluasi keterlaksanaan dan pencapaian program.
|
Dokumen rencana evaluasi
dilengkapi dengan instrumen yang mengukur keterlaksanaan dan pencapaian
program.
|
|
|
|
||||
|
Jumlah Pernyataan “Ya”
untuk penilaian indikator kinerja
|
|
|||||||
NO
|
TUGAS UTAMA/
UNSUR TUGAS UTAMA
|
INDIKATOR KERJA
|
DATA KINERJA YANG
DIHARAPKAN
|
BUKTI OTENTIK KUALITAS
KINERJA
|
HASIL PENILAIAN
|
||||
YA
|
TIDAK
|
||||||||
2
|
b.
|
Memimpin sekolah atau
madrasah dalam rangka pendayagunaan sumber daya sekolah/madrasah secara
optimal.
|
5
|
Kepala sekolah berdisiplin;
hadir tepat waktu, disiplin menggunakan waktu, dan tepat waktu mengakhiri
pekerjaan.
|
Tindakan kepala sekolah
menjadi contoh dan mengarahkan guru, staf administrasi, peserta didik tepat
waktu, melaksanakan kegiatan sesuai jadwal dan menyelesaikan pekerjaan tepat
waktu.
|
|
|
|
|
6
|
Kepala sekolah berdisiplin
dalam melaksanakan peraturan.
|
Tindakan kepala sekolah
menjadi contoh dan mengarahkan guru, staf administrasi, dan peserta didik
melaksanakan kegiatan sesuai dengan peraturan.
|
|
|
|
||||
7
|
Kepala sekolah menjadi
teladan dalam memanfaatkan sumber daya secara efektif dan efesien.
|
Memecahkan masalah sekolah
secara bersama-sama, merencanakan pemanfaatan sumber belajar dan sumber
informasi, memantau penggunaan sumber daya dan menilai pemanfaatan sumber
daya.
|
|
|
|
||||
8
|
Kepala sekolah menunjukan
kedisiplinan sebagai insan pembelajar.
|
Kepala sekolah rajin
membaca dan menjadi pendengar yang baik, mengekspresikan pikiran secara
tertulis, mengkomunikasikan ilmu pengetahuan baru, dan menyediakan berbagai
media untuk mengembangkan gagasan warga sekolah.
|
|
|
|
||||
|
Jumlah Pernyataan “Ya”
untuk penilaian indikator kinerja
|
|
|||||||
NO
|
TUGAS UTAMA/
UNSUR TUGAS UTAMA
|
INDIKATOR KERJA
|
DATA KINERJA YANG
DIHARAPKAN
|
BUKTI OTENTIK KUALITAS
KINERJA
|
HASIL PENILAIAN
|
||||
YA
|
TIDAK
|
||||||||
3
|
a.
|
Mengelola perubahan dan
pengembangan sekolah/madrasah menuju organisasi pembelajar yang efektif.
|
9
|
Kepala sekolah
mengembangkan program baru untuk meningkatkan pencapaian target yang lebih
tinggi.
|
Program pengembangan
sekolah mengandung target pencapaian pada indikator keunggulan khas satuan
pendidikan, kerja sama tim, dan data realisasi target yang meningkat dari
pada pencapaian sebelumnya.
|
|
|
|
|
10
|
Kepala sekolah terampil
dalam membangun tim kerja yang efektif untuk mendapatkan produk kinerja yang
lebih unggul.
|
Terdapat struktur
organisasi yang dilengkapi dengan distribusi dan deskripsi pembagian tugas
sesuai kriteria, pembentukan tim kerja, catatan penilaian dan perbaikan hasil
kerja tim, dan rekomendasi perbaikan pelaksanaan kegiatan.
|
|
|
|
||||
11
|
Kepala sekolah menerapkan
berbagai teknik pembaharuan dalam pengelolaan pembelajaran.
|
Terdapat penerapan strategi
pembaharuan dengan strategi yang terprogram, adanya rekam jejak penerapan
strategi yang dilaksanakan secara berkelanjutan yang didukung dengan
kerjasama tim untuk memperoleh prestasi sekolah yang meningkat dari hasil
sebelumnya.
|
|
|
|
||||
12
|
Kepala sekolah menunujukan
kemampuan dalam mengembangkan potensi dan meningkatkan prestasi sekolah.
|
Dalam masa kepemimpinannya
trdapat bukti perkembangan potensi dan prestasi peserta didik, yang meningkat
dari waktu ke waktu yang dibuktikan dengan meningkatnya nilai hasil belajar
kebervariasian produk belajar, penghargaan atas hasil belajar, dan penghargaan
prestasi yang sekolah peroleh.
|
|
|
|
||||
|
Jumlah Pernyataan “Ya”
untuk penilaian indikator kinerja
|
|
|||||||
NO
|
TUGAS UTAMA/
UNSUR TUGAS UTAMA
|
INDIKATOR KERJA
|
DATA KINERJA YANG
DIHARAPKAN
|
BUKTI OTENTIK KUALITAS
KINERJA
|
HASIL PENILAIAN
|
||||
YA
|
TIDAK
|
||||||||
4.
|
b.
|
Mencipotakan budaya dan
iklim sekolah/madrasah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran peserta
didik.
|
13
|
Kepala sekolah menjadi
contoh berbudaya mutu yang kompetitif dalam mendorong peningkatan prestasi
akademik dan nonakademik peserta didik.
|
Dokumen peningkat KKM,
target hasil ulangan, hasil UN dan target keunggulan nonakademik peserta
didik yang terprogram, terlaksana dan meningkat hasilnya.
|
|
|
|
|
14
|
Kepala sekolah melengkapi
sarana dan prasarana untuk menciptakan suasana belajar kondusif dan inovatif
bagi peserta didik.
|
Suasana lingkungan sekolah
yang asri, bersih, rindang, aman dan menyenagkan peserta didik yang menjadi
ajang belajar, berkolaborasi , mengembangkan lingkungan sekolah sebagai media
pameran karya kreatif peserta didik.
|
|
|
|
||||
15
|
Kepala sekolah
memfasilitasi kegiatan-kegiatan untuk meningkatkan budaya baca dan budaya
tulis peserta didik.
|
Data kunjungan
perpustakaan, peminjaman buku oleh peserta didik , pembaharuan buku dan bahan
bacaan, ketersediaan sumber belajar berbasis TIK, dan sarana publikasi karya
tulis, dan mengembangkan kompetisi karya tulis peserta didik tingkat sekolah.
|
|
|
|
||||
16
|
Kepala sekolah
memfasilitasi kegiatan-kegiatan lomba di bidang akademik dan nonakademik bagi
peserta didik.
|
Dokumen penyelenggaraan
kegiatan kompetisi yang dimulai dari tingkat sekolah, perolehan piagam
penghargaan, piala, tropi perlombaan bidang akademik dan nonkademik.
|
|
|
|
||||
|
Jumlah Pernyataan “Ya”
untuk penilaian indikator kinerja
|
|
|||||||
NO
|
TUGAS UTAMA/
UNSUR TUGAS UTAMA
|
INDIKATOR KERJA
|
DATA KINERJA YANG
DIHARAPKAN
|
BUKTI OTENTIK KUALITAS
KINERJA
|
HASIL PENILAIAN
|
||||
YA
|
TIDAK
|
||||||||
5
|
c.
|
Mengelola guru dan staf
dalam rangka pendayagunaan sumber daya manusia secara oftimal
|
17
|
Kepala sekolah menyusun
perencanan pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan
|
Dokumen progarm pembinaan
guru secara berkelanjutan berbasis hasil evaluasi kinerja serta data hasil
pemantauan keterlaksanaan dan data pencapaian program pembinaan yang melibatkan
tim pengembang sekolah dan disepakati seluruh pendidik dan tenaga
kependidikan.
|
|
|
|
|
18
|
Kepala sekolah melakukan
pembinaan berkala untuk meningkatkan mutu SDM sekolah
|
Dokumen pelaksanaan
kegiatan pembinaan guru oleh kepala sekolah, misalnya notulen rapat,
penyampaian materi dalam pelaksanaan pelatihan dan catatan kegiatan pembinaan
rutin, catatan pembinaan khusus secara individu atau kelompok atau
peningkatan kerjasama tim seperti outbond training.
|
|
|
|
||||
19
|
Kepala sekolah
memfasilitasi guru dan staf administrasi untuk meningkatkan kegiatan
pembinaan kompetensi
|
Data dukungan kepala
sekolah dalam mefasilitasi staf adminstrasi untuk meningkatkan mutu profesi
seperti surat tugas mengikuti kegiatan peningkatan keprofesian berkelanjutan,
penelitian tindakan, kaya inovasi dan mengalokasikan anggaran kegiatan.
|
|
|
|
||||
20
|
Kepala sekolah memantau dan
menilai penerapan hasil pelatihan dalam pekerjaan di sekolah
|
Dokumen program evaluasi
pelatihan atau pengembangan propesi pendidik dan tenaga kependidikan yang
mendeskripsikan tujuan, data hasil evaluasi ketercapaian tujuan dan adanya
saran tindak lanjut yang direalisasikan.
|
|
|
|
||||
|
Jumlah Pernyataan “Ya”
untuk penilaian indikator kinerja
|
|
|||||||
NO
|
TUGAS UTAMA/
UNSUR TUGAS UTAMA
|
INDIKATOR KERJA
|
DATA KINERJA YANG
DIHARAPKAN
|
BUKTI OTENTIK KUALITAS
KINERJA
|
HASIL PENILAIAN
|
||||
YA
|
TIDAK
|
||||||||
6
|
d.
|
Mengelola peserta didik
dalam rangka penerimaan peserta didik baru, penempatan dan pengembangan
kapasitas peserta didik.
|
21
|
Kepala sekolah menyusun
menyusun perencanaan penerimaan, pengelolaan dan pengembangan kompetensi
peserta didik.
|
Dokumen program penerimaan
peserta didik baru, kriteria penerimaan peserta didik, data hasil analisis
bekal ajar peserta didik awal, tata tertib akademik dan strategi yang terdokumentasikan
dalam pengembangan kompetensi peserta didik yang terarah dan terukur dalam 2
tahun terakhir.
|
|
|
|
|
22
|
Kepala sekolah memilikin
program pengembangan potensi diri dan prestasi peserta didik.
|
Strategi yang sekolah
gunakan secara kreatif dapat meningkatkan kolaborasi pendidik dan tenaga
kependidikan, pengembangan kompetensi dan prestasi pendidik dan tenaga
kependidikan, pengembangan daya kompetisi dan prestasi peserta didik dalam
bidang akademik dan nonakademik.
|
|
|
|
||||
23
|
Kepala sekolah
memfasilitasi kegiatan-kegiatan untuk meningkatkan pembiasaan melalui
penanaman nilai-nilai.
|
Strategi yang kepala
sekolah gunakan dalam mengembangkan cinta tanah air, wawasan kebangsaan,
wawasan global, tanggap isu strategis bangsa atau isu strategis global
diintegrasikan dalam kegiatan akademik dan nonakademik dalam bentuk program,
pelaksanaan dan pemantauan keterlaksanaan, serta hasil tercapai.
|
|
|
|
||||
24
|
Kepala sekolah
memfasilitasi kegiatan pengembangan diri bagi peserta didik, pendidik dan
tenaga kependidikan lainnya secara optimal.
|
Target program, data
realisasi keterlaksanaan program pengembangan diri peserta didik, pendidik
dan tenaga kependidikan lainnya data pencapaian program, dan adanya data
pengukuran keterlaksanaan dan pencapaian.
|
|
|
|
||||
|
Jumlah Pernyataan “Ya”
untuk penilaian indikator kinerja
|
|
|||||||
NO
|
TUGAS UTAMA/
UNSUR TUGAS UTAMA
|
INDIKATOR KERJA
|
DATA KINERJA YANG
DIHARAPKAN
|
BUKTI OTENTIK KUALITAS
KINERJA
|
HASIL PENILAIAN
|
||||
YA
|
TIDAK
|
||||||||
7
|
e.
|
Mengelola pengembangan
kurikulum dan kegiatan pembelajaran sesuai dengan arah dan tujuan pendidikan
nasional.
|
25
|
Kepala sekolah mengarahkan
secara efektif dalam menerapkan prinsip-prinsip pengembangan KTSP dalam
kegiatan IHT, Workshop, rapat koordinasi, dan kegiatan MGMP/KKG
|
Dokumen hasil pengembangan
kurikulum yang disusun melalui rapat kerja, IHT, Workshop, Rakor atau
kegiatan MGMP/KKG yang dibuktikan dokumen kendali kegiatan (surat undangan,
daftar hadir, susunan kegiatan, dan dokumen hasil perbaikan Dokumen 1 KTSP, Silabus, dan RPP).
|
|
|
|
|
26
|
Kepala sekolah
mengendalikan pelaksanaan KTSP berlandaskan kalendet pendidikan, menerbitkan
surat keputusan pembagian tugas mengajar, dan menerapkan aturan akademik.
|
Pelaksanaan KTSP sesuai
dengan kalender pendidikan tingkat sekolah, surat keputusan pembagian tugas
mengajar, aturan akademik, jadwal pelajaran dalam rangka memenuhi standar
isi, proses, penilaian, SKL, pengembangan karakter, evaluasi keterlaksanaan
dan ketercapaian target penerapan KTSP.
|
|
|
|
||||
27
|
Kepala sekolah
memfasilitasi efektivitas tim kerja guru dalam rangka meningkatkan mutu
pembelajaran.
|
Bukti pelaksanaan kerja
sama guru pada tingkat satuan pendidikan, antar satuan pendidikan dalam
meningkatkan mutu perencanaan, proses, penilaian, kompetisi dan kolaborasi
peserta didik dalam perbaikan mutu pembelajaran.
|
|
|
|
||||
28
|
Kepala sekolah
mengembangkan pelayanan belajar yang inovatif melalui pengembangan perangkat
dan sumber belajar yang terbarukan.
|
Bukti penggunaan metode
hasil pelatihan paling akhir, memanfaatkan teknologi informasi dan
komunikasi, penggunaan alat peraga, teknik evaluasi baru yang menghasilkan
produk belajar peserta didik yang dipublikasikan di lingkungan sekolah atau
media lain.
|
|
|
|
||||
29
|
Kepala sekolah
memfasilitasi peserta didik dalam mengembangkan kolaborasi dan kompetisi
bidang akademik dan nonakademik.
|
Data kegiatan kolaborasi
dan kompetisi peserta didik tingkat sekolah, antar sekolah pada tingkat
lokal, nasional atau internasional dalam bentuk dokumen program, data
pelaksanaan, dan hasil kegiatan.
|
|
|
|
||||
|
Jumlah Pernyataan “Ya”
untuk penilaian indikator kinerja
|
|
|||||||
NO
|
TUGAS UTAMA/
UNSUR TUGAS UTAMA
|
INDIKATOR KERJA
|
DATA KINERJA YANG
DIHARAPKAN
|
BUKTI OTENTIK KUALITAS
KINERJA
|
HASIL PENILAIAN
|
||||
YA
|
TIDAK
|
||||||||
8
|
f.
|
Mengelola sumber daya
sekolah/madrasah sesuai dengan prinsip pengelolaan yang efektif, efisien dan
akuntabel.
|
30
|
Kepala sekolah mengarahkan
pengelolaan administrasi persuratan dan kearsipan secara efektif.
|
Terdapat dokumen
administrasi pengelolaan surat masuk, surat keluar, pengagendaan, ekspedisi,
serta kearsipan yang sesuai dengan standar administrasi persuratan yang
ditunjang dengan dokumen yang tersusun
rapi.
|
|
|
|
|
31
|
Kepala sekolah mengarahkan
pengelolaan administrasi sarana prasarana secara efektif.
|
Terdapat dokumen
administrasi sarana prasarana, yang meliputi administrasi pengadaan program
pemeliharaan, data penggunaan, inventarisasi, dan data penghapusan, serta bukti
bahwa data terbarukan secara berkelanjutan.
|
|
|
|
||||
32
|
Kepala sekolah mengarahkan
pengelolaan administrasi kepegawaian sesuai dengan perkembangan pembinaan
kepegawaian.
|
Terdapat dokumen
administrasi kepegawaian dengan data yang terbarui secara berkelanjutan;
meliputi data pegawai, data kehadiran, pembinaan, PAK, usulan naik pangkat,
dan kenaikan gaji, data cuti, data DP3, pembinaan dan pengembangan.
|
|
|
|
||||
33
|
Kepala sekolah mengarahkan
pengeloloaan administrasi keuangan secara efektif, efisien, transparan, dan
akuntabel.
|
Terdapat dokumen
adminstrasi keuangan yang meliputi penyusunan anggaran, pengajuan anggaran,
catatan penggunaan, spesimen, SPJ, evaluasi dan pertanggungjawaban anggaran
yang menerapkan prinsip efektif, efisien, penyusunan dan bukti
pertanggungjawaban anggaran secara terbuka sesuai dengan peraturan yang
berlaku.
|
|
|
|
||||
34
|
Kepala sekolah mengarahkan
pengelolaan administrasi peserta didik
secara efektif.
|
Terdapat dokumen
administrasi yang meliputi klaper, buku induk peserta didik, absen peserta
didik, buku mutasi, leger, rapot, data nilai UN/UAS, dan data pribadi peserta
didik, yang terbarukan secara berkelanjutan.
|
|
|
|
||||
35
|
Kepala sekolah mengarahkan
pengelolaan administrasi perpustakaan secara efektif.
|
Terdapat dokumen penugasan
pengelola, tata tertib perpustakaan, koleksi buku pelajaran, referensi,
laporan pengadaan buku, pencatatan dan pengkodean buku, data sirkulasi, data
kehadiran pengunjung, dan laporan tahunan.
|
|
|
|
||||
36
|
Kepala sekolah mengarahkan
pengelolaan administrasi laboratorium.
|
Terdapat dokumen tata
tertib penggunaan laboratorium, jadwal penggunaan, sistem administrasi
laboratorium yang meliputi administrasi pengelolaan, program penggunaan
sumber daya, inventaris barang, kartu pengadaan, catatan perawatan, usul
pemutakhiran sarana prasarana, dan data penghapusan.
|
|
|
|
||||
|
Jumlah Pernyataan “Ya”
untuk penilaian indikator kinerja
|
|
|||||||
|
g.
|
Memanfaatkan kemajuan
teknologi informasi bagi peningkatan
pembelajaran dan manajemen sekolah/madrasah.
|
37
|
Kepala sekolah
mengembangkan sistem administrasi pengelolaan secara efektif dan dukungan
penerapan teknologi informasi dan komunikasi.
|
Terdapat penerapan TIK
(berbasis komputer, CD, jejaring intranet, internet) dalam pengelolaan
administrasi persuratan, sarana prasarana, kepegawaian, kepeserta didikan,
dan keuangan.
|
|
|
|
|
38
|
Kepala sekolah mengelola
administrasi pembelajaran secara efektif dengan dukungan penerapan teknologi
informasi dan komunikasi.
|
Model penerapan TIK dalam
pengelolaan administrasi kurikulum dan pembelajaran, misalnya, pengelolaan
kurikulum berbasis komputer, intranet dan internet.
|
|
|
|
||||
39
|
Kepala sekolah
mengembangkan sistem pengelolaan perpustakaan secara efektif dengan dukungan
penerapan teknologi informasi dan
komunikasi.
|
Model pemanfaatan TIK dalam
sistem pengelolaan perpustakaan berbasis komputer, internet dan intranet.
|
|
|
|
||||
|
Jumlah Pernyataan “Ya”
untuk penilaian indikator kinerja
|
|
|||||||
NO
|
TUGAS UTAMA/
UNSUR TUGAS UTAMA
|
INDIKATOR KERJA
|
DATA KINERJA YANG
DIHARAPKAN
|
BUKTI OTENTIK KUALITAS
KINERJA
|
HASIL PENILAIAN
|
||||
YA
|
TIDAK
|
||||||||
II. SUPERVISI
|
|||||||||
1
|
a.
|
Merencanakan program
supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru.
|
40
|
Kepala sekolah
mengidentifikasi masalah yang guru hadapi dalam pelaksanaan pembelajaran.
|
Terdapat rumusan masalah
yang kepala sekolah peroleh dari pemantauan, perencanaan, pelaksanaan, dan
penilaian pembelajaran.
|
|
|
|
|
41
|
Kepala sekolah merumuskan
tujuan yang dilengkapi dengan target pencapaian yang terukur.
|
Terdapat rumusan tujuan
supervisi yang dilengkapi dengan target pencapaian yang terukur.
|
|
|
|
||||
42
|
Kepala sekolah
mengembangkan instrumen supervisi.
|
Instrumen yang digunakan
relevan dengan target indikator pencapaian tujuan sekolah, relevan dengan
target pemenuhan isi, proses, dan penilaian, serta SKL sekolah dan SKL mata
pelajaran.
|
|
|
|
||||
|
Jumlah Pernyataan “Ya”
untuk penilaian indikator kinerja
|
|
|||||||
|
b.
|
Melaksanakan supervisi
akademik terhadap guru dengan menggunakan pendekatan dan teknik supervisi
yang tepat.
|
43
|
Kepala sekolah mengadakan
pertemuan awal untuk menjaring data rencana pembelajaran dan menetepkan fokus
kegiatan supervisi.
|
Terdapat data hasil
pertemuan awal seperti masalah, tujuan, fokus utama supervisi, dan instrumen
yang disepakati.
|
|
|
|
|
44
|
Kepala sekolah melaksanakan
kegiatan pemantauan pembelajaran dan membuat catatan yang obyektif dan
selektif sebagai bahan pemecahan masalah supervisi.
|
Kepala sekolah memiliki
catatan hasil observasi pembelajaran, lengkap, obyektif, dan selektif serta
relevan dengan masalah yang menjadi fokus supervisi.
|
|
|
|
||||
45
|
Kepala sekolah melakukan
pertemuan refleksi, menganalisis catatan hasil observasi, dan menyimpulkan
hasil observasi.
|
Kepala sekolah memiliki
catatan pelaksanaan kegiatan, melaksanakan refleksi, himpunan data hasil
supervisi, analisis data, penafsiran, penilaian keunggulan dan kelemahan,
serta rekomendasi perbaikan.
|
|
|
|
||||
46
|
Kepala sekolah bersama guru
menyusun rekomendasi tindak lanjut perbaikan dalam bentuk kegiatan analisis
butir soal, remedial, dan pengayaan.
|
Data tindak lanjut
pelaksanaan supervisi penilaian, bukti analisis butir soal, kegiatan remedial
pengayaan.
|
|
|
|
||||
|
Jumlah Pernyataan “Ya”
untuk penilaian indikator kinerja
|
|
|||||||
|
c.
|
Menindaklanjuti hasil
supervisi akademik dalam rangka penginkatan profesionalisme guru.
|
47
|
Kepala sekolah
memfasilitasi guru dalam merencanakan tindak lanjut perbaikan sistem
penilaian hasil belajar.
|
Terdapat bukti tindak
lanjut perbaikan sistem penilaian hasil belajar seperti kisi-kisi tes,
kesesuaian kisi-kisi dengan soal, pemeriksaan hasil ulangan, dan pengumuman
hasil belajar peserta didik.
|
|
|
|
|
48
|
Kepala sekolah mengecek
ulang ketrlaksanaan rekomendasi oleh guru.
|
Kepala seklah mengecek
keterlaksanaan rekomendasi perbaikan sistem penilaian hasil belajar secara
berkala.
|
|
|
|
||||
49
|
Kepala sekolah melaksanakan
pembinaan dan pengembangan guru sebagai tindak lanjut kegiatan supervisi.
|
Terdapat bukti berupa
laporan tindak lanjut hasil supervisi sebagai dasar pelaksanaan pembinaan
guru.
|
|
|
|
||||
50
|
Kepala sekolah menggunakan
data hasil supervisi untuk pemetaan ketercapaian program sebagai dasar
perbaikan siklus berikutnya.
|
Hasil supervisi
keterlaksanaan dan ketercapaian program sebagai bahan penilaian kinerja dan
pemetaan profil sekolah sebagai dasar perencanaan siklus berikutnya.
|
|
|
|
||||
|
Jumlah Pernyataan “Ya”
untuk penilaian indikator kinerja
|
|
|||||||
|
|||||||||
|
|||||||||
|
Total Nilai Kerja
|
|
|||||||
Nilai Kinerja Kepala
Sekolah
|
|
||||||||
Kategori Nilai Kerja
|
|
||||||||
Konversi Nilai Kinerja Hasil PKKS ke Persentase
Angka Kredit
|
%
|
||||||||
|
|||||||||
Hasil Penilaian Kinerja Guru
dengan Tugas Tambahan sebagai Kepala Sekolah
Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama
|
:
|
|
NIP
|
:
|
|
Pangkat/Golongan Ruang/TMT
|
:
|
|
Jabatan
|
:
|
|
Unit Kerja
|
:
|
|
Menyatakan bahwa:
Nama
|
:
|
|
NIP
|
:
|
|
Pangkat/Golongan Ruang/TMT
|
:
|
|
Jabatan
|
:
|
|
Unit Kerja
|
:
|
|
Telah melakukan kegiatan tugas
tambahan sebagai kepala sekolah/madrasah dengan penilaian sebagai berikut:
NO
|
INDIKATOR
KINERJA
|
SKOR
|
1
|
Menyusun perencanaan sekolah/madrasah untuk berbagai tingkatan
perencanaan.
|
|
2
|
Memimipin sekolah/madrasah dalam rangka pendayagunaan sumber daya
sekolah/madrasah secara optimal.
|
|
3
|
Mengelola perubahan dan pengembangan sekolah/madrasah menuju
organisasi pembelajar yang efektif.
|
|
4
|
Menciptakan budaya dan iklim sekolah/madrasah yang kondusif dan
inovatif bagi pembelajaran peserta didik.
|
|
5
|
Mengelola guru dan staf dalam rangka pendayagunaan sumber daya
manusia secara optimal.
|
|
6
|
Mengelola peserta didik dalam rangka penerimaan peserta didik
baru, dan penempatan dan pengembangan kapasitas peserta didik.
|
|
7
|
Mengelola pengembangan kurikulum dan kegiatan pembelajaran sesuai
dengan arah dan tujuan pendidikan nasional.
|
|
8
|
Mengelola sumber daya sekolah/madrasah sesuai dengan prinsip
pengelolaan yang efektif, efisien, dan akuntabel.
|
|
9
|
Memanfaatkan kemajuan teknologi informasi bagi peningkatan
pembelajaran dan manajemen sekolah/madrasah.
|
|
10
|
Merencanakan program supervisi akademik dalam rangka peningkatan
profesionalisme guru.
|
|
11
|
Melaksanakan supervisi akademik terhadap guru dengan menggunakan
pendekatan dan teknik supervisi yang tepat.
|
|
12
|
Menindaklanjuti hasil supervisi akademik dalam rangka peningkatan
profesionalisme guru.
|
|
Total
|
|
Kesimpulan:
1.
|
Total Nilai Kinerja
|
=
|
|
2.
|
Nilai Kinerja Kepala Sekolah
|
=
|
|
3.
|
Kategori Nilai Kinerja
|
=
|
|
4.
|
Konversi Nilai Kinerja Hasil PKKS ke Persentase Angka Kredit
|
=
|
%
|
Kepala
Sekolah
|
|
Penilai
|
Nama Sekolah
|
:
|
|
Alamat Sekolah
|
:
|
|
Kabupaten/Kota
|
:
|
|
Provinsi
|
:
|
|
Nama Kepala Sekolah
|
:
|
|
Kesimpulan:
Kesimpulan tentang keunggulan yang utama:
|
|
Kesimpulan tentang kelemahan yang utama:
|
|
Rekomendasi:
Berdasarkan hasil evaluasi, saya menyatakan bahwa sekolah ini:
|
|||
|
|||
Kategori
|
Nilai Kerja
|
NPK
|
Catatan Lain:
|
Amat Baik
|
91,0 – 100
|
125%
|
|
Baik
|
76,0 – 90,9
|
100%
|
|
Cukup
|
61,0 – 75,9
|
75%
|
|
Sedang
|
51,0 – 60,9
|
50%
|
|
Kurang
|
Kurang dari
51
|
25%
|
|
Hasil Penilaian:
1.
|
Total Nilai Kinerja
|
=
|
|
2.
|
Nilai Kinerja Kepala Sekolah
|
=
|
|
3.
|
Kategori Nilai Kinerja
|
=
|
|
4.
|
Konversi Nilai Kinerja Hasil PKKS ke Persentase Angka Kredit
|
=
|
%
|
LAPORAN HASIL
PENILAIAN KINERJA GURU
DENGAN TUGAS
TAMBAHAN SEBAGAI KEPALA SEKOLAH
TAHUN
..........
Nama Guru
|
:
|
|
Status PNS
|
:
|
|
NIP
|
:
|
|
Pangkat/Golongan Ruang/TMT
|
:
|
|
Jabatan Fungsional
|
:
|
|
NUPTK
|
:
|
|
TMT sebagai Kepala Sekolah
|
:
|
|
TMT Kepsek di Sekolah ini
|
:
|
|
Periode Penilaian
|
:
|
|
Unit Kerja
|
:
|
|
Telah
melakukan kegiatan tugas tambahan sebagai kepala sekolah/madrasah dengan
penilaian sebagai berikut:
Persetujuan
|
||
(Persetujuan ini hanya
ditandatangani oleh penilai dan guru yang dinilai)
|
||
|
|
|
Penilai dan guru yang dinilai menyatakan telah
membaca dan memahami semua aspek yang ditulis/dilaporkan dalam form ini dan
menyatakan setuju.
|
||
|
|
|
Kepala Sekolah
|
|
Penilai
|
|
|
|
___________________
|
|
__________________
|
|
|
|
(tgl)
|
|
(tgl)
|
A.
Data
Pendidik dan Kependidikan
No
|
Nama
|
Jenis Kelamin
|
Pend. Terakhir
|
Program Studi
|
Mata Pelajaran yang Diampu
|
Jumlah Jam Mengajar
|
Jumlah Jam Mengajar di Sekolah Lain
|
Total Jumlah Jam
|
|
L
|
P
|
||||||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
B.
Rekapitulasi
Guru
No
|
Mata
Pelajaran
|
Yang
Ada
|
Kebutuhan
|
||
GT
|
GTT
|
Jumlah
|
|||
1
|
Guru Kelas (Khusus
SD/TK)
|
|
|
|
|
2
|
PPKn
|
|
|
|
|
3
|
Pendidikan
Agama:
|
|
|
|
|
|
a.
Islam
|
|
|
|
|
|
b.
Protestan
|
|
|
|
|
|
c.
Katolik
|
|
|
|
|
|
d.
Hindu
|
|
|
|
|
|
e.
Budha
|
|
|
|
|
4
|
Bahasa dan
Sastra Indonesia
|
|
|
|
|
5
|
Bahasa
Inggris
|
|
|
|
|
6
|
Sejarah
Nasional dan Umum
|
|
|
|
|
7
|
Pendidikan
Jasmani
|
|
|
|
|
8
|
Matematika
|
|
|
|
|
9
|
IPA (khusus
SLTP/MTs)
|
|
|
|
|
|
a.
Fisika
|
|
|
|
|
|
b.
Biologi
|
|
|
|
|
|
c.
Kimia
|
|
|
|
|
10
|
IPS (khusus
SLTP/MTs)
|
|
|
|
|
|
a.
Ekonomi
|
|
|
|
|
|
b.
Sosiologi
|
|
|
|
|
|
c.
Geografi
|
|
|
|
|
|
d.
Sejarah
Budaya
|
|
|
|
|
|
e.
Tata Negara
|
|
|
|
|
|
f.
Antropologi
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
12
|
Pendidikan
Seni
|
|
|
|
|
13
|
Bahasa Asing
Lain
|
|
|
|
|
14
|
Bimbingan
Konseling
|
|
|
|
|
15
|
Muatan Lokal
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
|
19
|
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
|
TOTAL
|
|
|
|
|
C.
Rekapitulasi
Tenaga Administrasi menurut Jenis Pekerjaan dan Jenis Kelamin
No
|
Kepala TU
|
Bendahara
|
Petugas Instalasi
|
Laboran
|
Petugas Perpustakaan
|
|||||
L
|
P
|
L
|
P
|
L
|
P
|
L
|
P
|
L
|
P
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.
Kelas
(Rombongan Belajar) dan Siswa Menurut Tingkat dan Jenis Kelamin (TK/SD/SMP/MTs)
No
|
Jenjang
(TK/SD/SMP)
|
Tingkat I
|
Tingkat II
|
Tingkat III
|
Tingkat IV
|
Tingkat V
|
Tingkat VI
|
Jumlah
|
||||||||||||||
Rombel
|
Siswa
|
Rombel
|
Siswa
|
Rombel
|
Siswa
|
Rombel
|
Siswa
|
Rombel
|
Siswa
|
Rombel
|
Siswa
|
Rombel
|
Siswa
|
|||||||||
L
|
P
|
L
|
P
|
L
|
P
|
L
|
P
|
L
|
P
|
L
|
P
|
L
|
P
|
|||||||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
Kelas
(Rombongan Belajar) dan Siswa Menurut Tingkat dan Jenis Kelamin tiap Program
Pengajaran (SMA/MA)
No
|
Program Pengajaran
|
Tingkat I
|
Tingkat II
|
Tingkat III
|
Jumlah
|
||||||||
Rombel
|
Siswa
|
Rombel
|
Siswa
|
Rombel
|
Siswa
|
Rombel
|
Siswa
|
||||||
L
|
P
|
L
|
P
|
L
|
P
|
L
|
P
|
||||||
1
|
Umum
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Bahasa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
IPA
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
IPS
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
Kelas
(Rombongan Belajar) dan Siswa Menurut Tingkat dan Jenis Kelamin Tiap Program
Keahlian (Khusus SMK)
No
|
Program Keahlian
|
Tingkat I
|
Tingkat II
|
Tingkat III
|
Tingkat IV
|
Jumlah
|
||||||||||
Rombel
|
Siswa
|
Rombel
|
Siswa
|
Rombel
|
Siswa
|
Rombel
|
Siswa
|
Rombel
|
Siswa
|
|||||||
L
|
P
|
L
|
P
|
L
|
P
|
L
|
P
|
L
|
P
|
|||||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
0 komentar:
Posting Komentar